Skip to content

Belajar Modx : Pilih Evo atau Revo ?

27 September 2009

Just a little share about Modx😀

Sebelum libur lebaran kemarin, saya intens sekali mempelajari Modx versi terbaru yaitu Revolution yang sudah mencapai beta 3. Alasannya simple, karena ini versi baru, ‘gaya’ baru dan segudang feature yang menggoda maka saya tidak ingin ketinggalan jika versi ini sudah final. Jadi dari jauh-jauh hari ingin mempersiapkan mengasah skill modx saya. Sedikit dipaksakan sebenarnya sehingga terasa instan ingin cepat menguasainya. Versi evolution akhirnya terbengkalai…doh !

Sekarang ritmenya mulai dijaga, mempelajari versi Revo santai saja tapi pasti. Toh informasi roadmap modx revo sendiri tidak jelas kapan versi RC-nya akan keluar. Melihat di forum kemarin tampaknya akan muncul beta 4 dulu, entah apakah akan ada ada beta 5 dst atau langsung masuk RC.

So still lots of time untuk kembali aktif menggunakan versi evolution, sambil menunggu package extra/addons-nya stabil juga.

Versi evo juga masih banyak yang masih menantang untuk diexplore.

Bagaimana dengan Anda ?

14 Comments leave one →
  1. rico permalink
    12 October 2009 6:49 pm

    Saya mencoba bertahan di Evo, karena beberapa web-host tidak menyediakan requirements yang sesuai untuk sistem Revo, terutama PHP-extensionnya (http://svn.modxcms.com/docs/display/revolution/Server+Requirements).

    Yang harus dipertimbangkan juga, Revo menggunakan ExtJs yang hanya cepat jika hubungan internet Anda sangat baik (mis: ADSL). Silahkan coba mengaksesnya jika Anda menggunakan dial-up… hehehe…

    Tapi memang, Revo itu sangat canggih (terutama jika Anda bisa menggali xPDO-nya).
    Tapi kita sesuaikan saja dengan klien kita. Mampu ngejalaninnya apa enggak.🙂

  2. cevarief permalink*
    12 October 2009 8:51 pm

    Sebetulnya saya sendiri masih kurang ngeuh jika beberapa hosting belum siap dengan requirement revo. Belum pernah test revo online. Beside Revo beta ini memang ditujukan untuk developer yang bikin addons modx, so gak mikir production dulu deh hehe. Anyway thx untuk infonya.

    Mengenai extjs, iya saya agak sedikit kecewa juga, fungsionalitas dan feature modx manager yang harus dibayar dengan response yang lebih lambat. Harus bagaimana ya, secara saya cuma end user😛.

    Btw mas, ada kontak infonya atau blog/situs mungkin ?

  3. pard1 permalink
    2 November 2009 10:25 am

    Saya blom nyoba yg revo.. msh setia pake evo..🙂 he3x

  4. Daniel permalink
    11 November 2009 5:12 pm

    Ada yang tahu gak web hosting murah yang sudah ada Modx-nya…?

  5. cevarief permalink*
    12 November 2009 4:07 pm

    @Daniel: Saya kurang tau ya kalo hosting yang sudah menyediakan modx dan tinggal custom aja. Namun kalo sudah ada modx di lokal pc dan mindahin ke server hosting gak ribet kok, tinggal upload aja semua folder modxnya, terus setting file config databasenya sesuai settingan hosting. Satu lagi setting full path agar bisa view file resources dari manager modx. That’s all.

  6. Daniel permalink
    17 November 2009 11:16 am

    Thanks a lot Cevarief, sangat membantu dan memotivasi saya untuk mencoba Modx, tolong info klo club Modx Indonesia udah terbetuk, mau ikutan… he he

  7. 8 December 2009 3:27 pm

    ini nih, udah saya buatin forumnya.
    http://modx-id.com/forums/

    masih mati akal mau diisi apa aja, mohon kasih masukan di General board-nya, ya…

    cheers.

  8. cevarief permalink*
    10 December 2009 6:18 am

    Rico: thx banged udah ngebuatin forum modx Indonesia.
    Yo kita ramaikan !

  9. 10 December 2009 10:19 am

    Sama-sama.

    Website utamanya (modx-id.com) akan saya buat dari Revolution, tapi nunggu RC-1 nya release dulu.🙂

  10. cevarief permalink*
    10 December 2009 12:50 pm

    That’s what i thought before. Pas buka situs kok kenapa langsung masuk forum😀, gak ada ‘intro’ nya dulu.

    Seep, biar kinclong tuh pas masuk situs modx Indonesia. Dah ada sounding2 belum tuh RC kapan keluar….

  11. 10 December 2009 3:06 pm

    Katanya siiiihhh… katanya….
    Release Candidates
    Watch for MODx Revolution 2.0.0-RC-1 (expected Winter 2009)

    Gak tau winter di negara mana…😀
    Sepertinya sih waktu Texas (their base location).

  12. Daniel permalink
    11 April 2011 3:30 pm

    Rupanya MODx di Indonesia masih sepi-sepi aja (udah tahun 2011 nih!), padahal bung Rico udah bikin Forumnya tp jg sepi. Gmn bung Arief? udah dimana ngoprek MODxnya. Terus terang saya belum nyentuh sama sekali, soalnya masih sibuk sama Google Apps! maklum hidup gw bergantung banget sama Google Apps (sampai sekarang), Tapi gw yakin banget MODx is the best CMS/ CMF! MODx is my next journey…. Insya Allah.. bila TUHAN menghendakinya!

  13. goldsky permalink
    12 April 2011 2:35 pm

    hehe… mungkin tutorial bhs indonesianya kurang banyak, yah?
    perlu dapet proyek besar untuk jadi model percontohan yang menggiurkan.😛

  14. 13 April 2011 8:43 am

    wih22… saya sepertinya tertarik buat belajar modx.. hemmm moga aja saya bisa. kira22 bedanya ama joomla apa yah?

Leave a Reply

