Skip to content

Trick Download Pindah Tempat :: Portable

6 July 2009

Susah juga mencari judul yang tepat untuk posting kali ini, namun untuk memahaminya saya akan beri gambaran dengan cerita berikut.
Sudah lama saya menginginkan sebuah program download manager yang bisa menghandle proses download dari satu tempat dan dilanjutkan ditempat lain. Misal saya download linux dengan kapasitas 700 MB dirumah pada pagi hari dan baru mendapatkan 50 MB. Download di stop karena saya harus berangkat kerja dan diresume lagi sore/malam hari ketika sudah tiba dirumah lagi. Kalau seandainya download tersebut bisa dibawa dan saya resume dikantor atau pada saat ke warnet, maka proses download akan lebih cepat selesai.

Saya mencoba DownThemAll dan Flash Get ternyata tidak berhasil. Nah, kemarin muncul ide, kenapa tidak mencari yang portable, karena logikanya kalau portable kan tidak perlu install dan cenderung semua setting/config disimpan difolder portable tersebut. Jadi memungkinkan untuk memindahkan proses download di tempat lain.

Setelah searching google, ketemu Free Download Manager. Ternyata program ini bisa portable  ! Ini dia caranya :

  1. Download FDM (2.1 MB untuk versi lite)
  2. Install dan Jalankan FDM
  3. Pilih menu File–>Create Portable Version. Lalu pilih folder dimana kita ingin membuat versi portablenya.
  4. Exit dari FDM, lalu browse dan jalankan program portablenya.
  5. Silahkan setting FDM sesuai kebutuhan dan mulailah download file yang diinginkan.
    Perhatikan, pada saat menyimpan file download, simpan menggunakan relative path, bukan real path. Karena jika folder dipindah dan posisi drivenya berbeda, FDM tidak bisa meresume karena file download jadinya not found. Kita bisa isi dengan /download/. Artinya File download akan disimpan di folder dimana FDM berada dengan file download disimpan di subfolder bernama download. Folder jika belum ada akan otomatis dicreate.
  6. Stop proses download dan exit FDM, lalu copy 1 folder FDM tersebut ke media portable seperti USB Flash Disk.
  7. Kita tinggal bawa ke tempat dimana ingin meresume proses download dengan menjalankan lagi program FDM di USB Flash Disk kita.
FDM Screenshot

FDM Screenshot

Selamat Mendownload !

4 Comments leave one →
  1. 6 July 2009 11:54 pm

    weh, rif, aku dah lama pake FDM, tapi koq baru ngeh yang portable ini yah? Thanx the info🙂

  2. 30 July 2009 6:58 am

    Mas, kalo di FlashGet, misalnya saya baru mendownload 60%, sisanya mau dilanjutkan kapan2, nah yang mesti disimpan file yang mana ya agar ketika saya mau melanjutkan proses downloadnya di warnet dengan flashget portable?

  3. Dwi permalink
    30 July 2009 9:27 pm

    Yang FDM Portable itu gimana ya? Masih kurang jelas..
    Mas, kalo misalnya saya mendownload di warnet A menggunakan FDM Portable, proses downloadnya baru 60%, nah saya mau melanjutkan sisanya bsk di warnet B, untuk itu proses downloadnya saya pause atau stop ya? Trus apa saja file yg perlu saya copy & difolder mana itu? & nantinya dipastekan kemana agar saya bisa melanjutkannya lg? Mohon bgt pencerahannya..

  4. cevarief permalink*
    19 August 2009 6:34 pm

    Ya betul mas Dwi. Downloadnya dipause dulu, terus copy saja satu folder FDM portable itu ke flashdisk. Bawa ke warnet lain,jalankan dan resume lagi. Pastikan file yang sedang didownload disimpan difolder FDMnya ya. Kalau tidak downloadnya gak bisa diresume, soalnya FDM kehilangan file downloadnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: