Skip to content

Belajar Javascript Library Dengan Mudah

3 May 2009
tags:

Belajar javascript library bagi yang belum pernah pasti terasa aneh. Hal sama dialami ketika sekitar akhir tahun 2006 mencoba extjs.  Saya tersihir dengan tampilan yang dihasilkan oleh extjs yang sangat cantik dan pixel perfect. Namun sihir tersebut ternyata tidak membuat saya ingin mencoba mempelajarinya, sintaknya terasa rumit, aneh dan tidak bersahabat. Tidak seperti sintak javascript yang biasa saya gunakan. Alih-alih membaca manual, karena rumit malah ditinggalkan begitu saja.

Namun setelah lama kemudian dan berkenalan dengan mootools, saya  jatuh cinta juga dengan extjs ini, sintaksnya sudah mulai familiar karena hampir sama juga dengan mootools. Widget/Component yang disediakan sangat membantu menghemat banyak waktu, membuat tampilan aplikasi web jadi indah, jauh lebih cepat dan menyenangkan.

Disitus extjs, saat artikel ini ditulis sudah keluar ExtCore 3 Beta 1. ExtCore merupak library seukuran 25kb (gzipped) yang bisa digunakan untuk mempercantik halaman web dan membuatnya lebih dinamis. Perbandingannya sama dengan library JQuery atau Mootools.

Saya sendiri belum pernah menggunakan ExtCore ini, karena ketika saya mempelajari extjs saya langsung masuk ke ExtJs 2 Full Version, yang notabene merupakan library dengan kumpulan widget siap pakai. Bisa dikatakan extjs 2 sebagai libary GUI-nya.

Setelah membuka Manual ExtCore, ternyata saya merasakan aura lain. Manual step by stepnya sangat mudah diikuti dengan penjelasan yang sangat mudah dipahami.  Saya sendiri benar-benar enjoy membacanya. It’s awesome manual.

Bagi yang memiliki keterbatasan koneksi internet jangan khawatir, karena manual atau dokumentasi ini disertakan dalam format offline.Dokumentasi yang ada dalam paket file zip ExtCore yang bisa didownload disini ternyata hanya berisi referensi saja, jadi sebaiknya baca manual online.

Saya kira bagi pemula yang ingin mempelajari library javascript dengan mudah, saya sarankan mencoba ExtCore ini. Really highly recommended. As soon as you get used to it, maka silahkan pelajari library GUI nya, yaitu extjs 2.0.

Pilihan ditangan Anda. Tetep dengan coding javascript biasa atau mulai mengikuti tren jargon web 2.0, yang salah satu toolnya adalah library js.

Selamat Belajar !

4 Comments leave one →
  1. 28 June 2009 9:52 am

    mas, yang extjs sudah pernah coba, tapi belum pernah menggunakan untuk devel. yang core ini malah belum tahu. tanks infonya.
    blognya bagus, saya link ke blog saya ya? oh, ya, salam kenal🙂

  2. cevarief permalink*
    28 June 2009 6:59 pm

    Sama-sama mas, monggo kalau mau dilink ke blog mas. Yup salam kenal juga.

  3. 18 July 2010 12:41 pm

    Saya Masi newbie mas, mohon bimbingannya..

  4. anonymouse juniors permalink
    4 August 2011 3:20 am

    mau belajar javascript ane,,
    tp pas bacatutor ni kok malah bingung ya,,,
    mas pke bhasa yg bsa d mengerti newbie kya ane donk.

Leave a Reply

