Skip to content

Tips Hemat Bandwith IM2 Broom

2 May 2009

Bagi downloader dan mungkin juga bagi programmer yang seringkali membuka situs referensi atau dokumentasi program, pastinya quota bandwith IM2 Broom classic sebesar 2 GB sangat tidak cukup.  Apalagi jika situs yang dibuka relatif besar ukuran halamannya.  Selain itu yang seringkali tidak terasa sebagai pemicu habisnya quota adalah menjalankan video streaming. Beberapa hari pakai pasti sudah terkaget-kaget, kok tinggal beberapa ratus MB lagi ? Sesudah quota 2 GB tercapai, maka  speed akan menurun drastis.

Oleh karena itu perlu ada tips/trick agar quota 2GB tidak cepat habis dan tetep bisa akses cepat sampai masa pakai 1 bulan habis.

A. Matikan fungsi yang tidak perlu dari Browser (= firefox, karena saya menggunakan browser ini)

1. Jika tidak memerlukan banyak image/gambar ketika browsing, maka sebaiknya matikan saja fitur load image.  Sehingga situs bisa dibuka lebih cepat dengan size yang tidak terlalu besar.  Fitur ini bisa diakses dari jendela firefox lalu untick kotak check ‘load image automatically’. Berlaku juga untuk sound dan java, meskipun sekarang relatif jarang situs menggunakn keduanya.
2. Animasi Flash biasanya relatif lebih besar dibanding image biasa. Sebaiknya flash juga diload sesuai kebutuhan saja (ondemand). Ketika butuh, tinggal aktifkan, jika tidak defaultnya matikan. Untuk melakukan hal ini, install add-ons  firefox flash blocker.
3. Sediakan 2 browser bagi yang tidak ingin berganti setting diatas. Satu browser set full load image dan flash, satu lagi dengan yang diblock. Jadi sesuaikan saja menurut kebutuhan, tinggal switch.
4. Gunakan browser Opera 10 dengan mengaktfikan fitur autocompressi sehingga data yang ditransfer akan lebih sedikit sehingga otomatis akan menghemat bandwith. Effect dari kompresi ini adalah kualitas gambar yang tampil dilayar akan menjadi pecah/blur/buram.

B. Gunakan kartu IM3 dengan seting time based untuk mendownload ukuran file yang besar. Sehingga quota IM2 bisa dihemat banyak.
Kartu IM3 dengan voucher gprs 5 ribu dapat dipergunakan untuk akses internet selama kurang lebih 4 Jam.  Untuk setting profile koneksi IM3 time based ini yaitu :

APN (Acces Point Name) : indosatgprs
username : indosat@durasi
password : indosat@durasi

Namun perlu diperhatikan, sebaiknya tidak melakukan download di jam-jam peak/sibuk. Cari jam yang relatif kosong. Seperti dini hari, subuh sampai pagi hari.
Di tempat tinggal saya di cimahi, speed download IM3 menggunakan add-ons firefox downthemall, ternyata sama saja dengan kecepatan IM2. Average speed dengan 10 segments download dikisaran 25 – 30 kbps.

Gambar dibawah ini saya capture sekitar pkl. 6 pagi, ketika mendowload sebuah file video (screencast).

down-speed
Sebagai informasi tambahan, jika dbandingkan dengan paket Broom Extra yang lebih besar 500 MB, namun selisih 25 ribu (isi ulang 125 ribu), maka jika dikonversi ke IM3 time based bisa didapatkan akses 4 * (Selisih 25 ribu / Voucher IM3 5 ribu) =  20 Jam. Khusus buat download, jika 1 jam waktu download bisa mendapatkan 50 MB, maka dengan 20 Jam bisa dapat 1GB. Masih untung 500 MB dibanding Broom Extra.

Perlu diketahui, voucher  gprs IM3 Rp. 5000 ini berlaku selama 5 hari.

Anda punya comment atau opini lain ? Mangga diisi dibawah yaa…

3 Comments leave one →
  1. 24 August 2009 1:52 pm

    okeeeeeeeeeeeee

  2. 1 October 2009 10:44 am

    saya pake im3 Rp.5000 untuk internet berdasarkan durasi tidak bisa konek tp berdasarkan vol bs konek.Giman crnya spy based durasi bisa konek? settingnya dah benar kok.Tlg sarannya

  3. cevarief permalink*
    7 October 2009 6:17 am

    Mbak Wijayanti, coba dicheck pulsa yang diisikan itu pulsa internet apa pulsa sms/telp ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: