Skip to content

Hari Ginih Masih Pake IRC ?

26 April 2009
tags: ,

Menurut saya IRC tampak terasa jadul ketika Yahoo Messenger sudah menjadi bagian dari aktifitas rutin untuk chatting via internet. Dengan tampilan yang eyecatching dan tidak melulu plain text, maka ‘kehidupan’ bersama IRC pun berangsur-angsur ditinggalkan. Kecuali, hampir semua teman juga sudah menggunakan YM. So tidak ada alasan lagi untuk menggunakan IRC.

Ternyata, 2 hari ini saya mulai kembali aktif menggunakan IRC. Bukan karena tidak beralasan. Sebagai seorang yang menyukai dunia programming, kemampuan untuk meningkatkan diri pun pasti sebuah keharusan. Salah satunya adalah menambah pengetahuan baru mengenai tools atau anything about programming.

Adalah mootools yang awalnya menjadi faktor kenapa harus kembali menggunakan IRC. Dari proses belajar melalui demo & dokumentasi di dari situs resmi mootools, lalu belajar dari blog tutorial dan blog favorit mootooler yang berkaitan dan juga mencari di forum, sampe akhirnya ketika mentok menemui satu kesulitan maka alternatif terakhir sebagai medianya adalah IRC.

Ada hal-hal dimana ketika ingin mengutarakan sesuatu sangat terbatas jika melalui forum, terbatas dengan kata-kata karena harus menunggu reply dari user lain dan seringkali delay. Berbeda dengan IRC, dimana bisa didapatkan replay dari user lain dalam waktu instant. Itu pun sebenarnya jika beruntung. Seringkali juga tidak ada balasan sama sekali😛

Namun ketika beruntung, maka percakapan bisa lebih detail. Ada link resources, ada potongan koding untuk solusi juga ide-ide yang mungkin bisa didiskusikan saat itu juga.

Dari faktor mootools tersebut akhirnya merembet untuk tetep menggunakan IRC mengingat beberapa situs yang berhubungan dengan tools programming ini, ternyata mostly terdapat media chat untuk diskusi lewat IRC. Dan hampir sama menggunakan server freenode (irc.freenode.net). Jadi sekalian. Sekali connect, langsung join beberapa channel.

Anda bisa ketemu saya jika sedang online di channel #mootools, #php, #kohana, #extjs dan #mysql dengan nick cevarief.

Hari ginih masih pake IRC ? Emang masih😀. Are you ?

3 Comments leave one →
  1. ekafise permalink
    26 June 2009 10:14 am

    itulah kelebihannya bung/rif, ketika ym kita harus add dan agree…. coba kalo irc sip’kan… tapi saya pake duaduanya he3…ym juga lebih ke personal yg kita kenal..jadi kalo di ym ngak asal ngejeplak tu mulut…

  2. cevarief permalink*
    28 June 2009 6:20 am

    Hak3..hak3 [bung fise style]

  3. 3 November 2009 5:19 am

    nice post bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: