Skip to content

Problem koneksi ke mysql via TCP/IP

31 July 2008

Saya cuma bisa tersenyum ketika mengetahui kalau aplikasi SQLYog yang saya install menggunakan WINE tidak bisa konek ke mysql (localhost) yang dijalankan sebagai service, dan itu semua hanya gara-gara satu baris konfigurasi.

Biasanya agar mysql bisa menerima koneksi TCP/IP, maka di file konfigurasi my.cnf tinggal comment (#) baris bertuliskan skip-networkingnya. Nah kejadinnya setelah saya menginstall mysql di zenwalk, jika saya jalankan mysql menggunakan command mysqld_safe dari konsole. SQLYog bisa konek dengan normal.

Tapi anehnya jika menjalankan mysql sebagai service, maka selalu saja gagal konek dari SQLYog. Saya cek my.cnf untuk opsi lain dan cek juga owner sama group folder mysql mungkin ada yang salah, tapi tetep saja selalu gagal. Servicenya sendiri jalan normal dan bisa terkoneksi lewat console mysql. Tapi jika konek lewat TCP/IP ? “Gagal maning gagal maning son”. Curiga service tidak membaca ke file /etc/my.cnf seperti jika dijalankan dari command mysqld_safe. Tapi setelah disearch memang tidak ada file my.cnf lainnya. Coba untuk reinisialisasi database. Tidak ada hasil😦 Saya coba saja uninstall dan reinstall. Tetep saja begitu.

Pantang menyerah, langsung meluncur ke google, kok malah hasilnya banyak yang gak match dengan problem tsb. Apa search keyword saya yang kurang tepat ya hehe. Akhirnya dapat satu artikel (atau tanya jawab di sebuah forum ?), lupa dimana namun kalo tidak salah ada bagian bahwa di file service mysql ada setting skip networkingnya juga. Ah…iya kenapa tidak curiga dengan file servicenya ya😦

Langsung tancap gas, saya coba buka file service mysqlnya di /etc/rc.d/rc.mysqld. Dan memang dodooolll pisaan…ternyata bener ada opsi skip-networking, yaitu SKIP=”–skip-networking”. Puguh wae gak bisa konek terus. Setelah dicomment, SQLYog sudah bisa konek dengan baik. Saya cuma tersenyum…gara-gara satu baris itu saya dibikin pusing hampir satu jam.

Tersisa pertanyaan, kenapa opsi skip-networking ini harus disimpen di file service. Padahal biarkan saja mysql membacanya dari file konfig my.cnf ya. Ada yang tau ?

But anyway, setidaknya dapat tambahan ilmu baru dari kejadian itu😀 that’s why i love zenwalk. Pokoknya keep ngulik euy !

No comments yet

Leave a Reply

