Skip to content

Cara Install dan Uninstall Package Zenwalk

5 May 2008

Ada beberapa cara untuk melakukan installasi package/paket software di Zenwalk. Perhatikan bahwa Anda harus memiliki akses sebagai root atau super user untuk melakukannya.

1. Installasi via Thunar File Manager
Cara ini dilakukan hanya dengan mengklick kanan file package yang akan diinstall, kemudian pilih Install Package. Jika Anda membuka thunar bukan sebagai root, maka akan muncul sebuah layar dialog yang meminta Anda untuk memasukkan root password terlebih dahulu. Jika muncul pesan No Package To Proses, maka sebaiknya Anda pilih cara kedua berikut ini.
2. Installasi via konsole
Ini cara installasi favorit saya. Cara kedua ini juga cukup sederhana, bahwa setelah terbuka layar konsole dan login sebagai root, Anda cukup ketik command berikut untuk melakukan installasi.

installpkg namapackage.tgz

Berbeda dengan cara pertama diatas, cara ini akan memunculkan informasi/keterangan mengenai package tsb pada saat installasi.
3. Installasi via Midnight Commander
Package zenwalk yang berekstensi tgz, sebetulnya berisi file-file yang digabungkan(archive) dan dicompress (Tar dan Zip = tgz) dengan sebuah file script install. Jadi installasi bisa juga dilakukan via program Xarchiver. Namun menurut saya, menggunakan Midnight Commander (MC) tampak jauh lebih nyaman.
Buka MC. Enter pada file package untuk membuka compressinya. Select/Tandai semua folder (kecuali folder install) menggunakan Tombol Insert, lalu copy (F5) ke folder / (root folder zenwalk). Sehingga file-file akan dicopykan sesuai dengan foldernya. Proses terakhir adalah copy hanya file doinst.sh nya saja ke folder /.
Keluar dari MC (F10), masuk ke folder / dan ekseskusi sh doinst.sh untuk melakukan step terakhir installasinya.
Jika sudah selesai, Anda bisa delete file doinst.sh tsb.

Dengan cara ketiga ini, maka package zenwalk pun bisa diinstall di distro lain😀 seperti di OpenSUSE dan Mandriva.

NOTE :
* Tidak semua package zenwalk yang diinstall pasti muncul shortcutnya distart menu. Khususnya untuk program berbasis konsole.
* Untuk memastikan package terinstall dan bisa jalan dengan baik, run program hasil installasi lewat konsole terlebih dahulu, kecuali jika package yang Anda install hanya package library saja. Hal ini untuk memastikan apakah program masih membutuhkan dependency lain untuk bisa jalan atau tidak.

Cara melakukan install package sudah jelas, bagaimana dengan cara melakukan uninstall packagenya ?
Zenwalk menyimpan daftar package yang sudah diinstall pada folder /var/log/packages. Dari list tsb Anda tinggal lihat package apa yang ingin diuninstall. Untuk mengeksekusinya, ketikkan perintah berikut (pada konsole tentunya :D) :

removepkg namapackage

Jika nama packagenya unik Anda bisa juga mengetik nama depannya saja misal removepkg gimp dari pada gimp-2.4.3-i.486-1.

Sebagai informasi, package apa saja yang sudah pernah diuninstall bisa ditemukan di folder /var/log/removed_packages/. So misalnya jika next time Anda ingin tahu pernah coba install dan uninstall package tertentu versi berapa saja, tinggal dilihat listnya di folder ini. Berguna juga jika Anda salah melakukan uninstall package terakhir, tinggal sort aja berdasarkan date modiefiednya.

Anda punya cara lain mungkin yang bisa dishare ? Silahkan comment. Semoga bermanfaat.

4 Comments leave one →
  1. Hafidz permalink
    28 December 2009 10:46 am

    Saya menggunakan linux Ubuntu 9.04, apakah cara instalasinya sama ? Terima kasih, salam linux

    GO FREEDOM !!

  2. cevarief permalink*
    28 December 2009 3:30 pm

    @Hafidz : Cara installasinya berbeda, biasanya cara installasi akan mirip jika menggunakan turunan linux yang sama. Misal karena zenwalk turunan dari slackware, maka installasi paketnya relatif sama dengan turunan slackware lainnya. Untuk ubuntu contohnya adalah linux mint.

Trackbacks

  1. Cara Melakukan Installasi Gambas « Let’s Go Green !
  2. Cara Melakukan Installasi Gambas | ZULFIANTO Amd

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: