Skip to content

First Taste of Java : Bagaimana Memulai Java ?

6 June 2007

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba mempelajari Java, mungkin masih bingung harus memulai dari mana. Apa saja software yang harus diinstall beserta penjelasan mengenai beberapa istilah berkaitan dengan java yang mungkin masih terdengar aneh, termasuk ketika sekitar 2 bulan yang lalu saya mulai mengenal java.

Salah satu hal yang menjadi alasan saya menggunakan Java adalah IDE atau lingkungan development untuk Java sendiri mengingat saya terbiasa dimanjakan dengan IDE Visual Studio (VS) dan VS.NET dimana proses desain interface aplikasi sangat mudah via form dan drag and drop control/component sehingga kita bisa focus ke koding logic dari aplikasi yang akan kita buat. Ternyata Java juga memilikinya yaitu NetBeans dan Eclipse namun begitu hanya netbeans yang sudah saya coba dan sejak pertama meenggunakannya, saya sudah cukup nyaman dengannya.

Kembali mengenai bagaimana memulai java, berikut adalah step-step yang mungkin dapat membantu start Anda lebih smooth.

1. Get JDK
JDK atau Java Development Kit adalah sekumpulan kit yang tersedia untuk melakukan development dalam bahasa Java. Anda bisa mendownloadnya disini, baik untuk versi Linux ataupun Windows.

Untuk installasi versi window cukup dengan menjalankan file exe installernya dan ikuti wizard yang muncul dilayar komputer Anda.

Versi Linux sedikit berbeda, file installer dibundle dalam dengan file script shell berextensi .bin. Untuk membuatnya executable, lakukan
chmod +x nama-file-installer.bin.
Lalu mulai installasi dengan menjalankan ./nama-file-installer.bin

2. Netbeans IDE
IDE atau Integrated Development Environment, merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat aplikasi Java. Silahkan Anda pilih versi yang OS sesuai dengan JDK yang Anda miliki.

TIPS :
# Anda dapat juga mendownload bundle JDK dan Netbeans dalam satu file installasi yang tersedia diwebsite java. Ukurannya moreless 140 MB, baik versi linux maupun windows.
# Alternatif lain, Anda dapat melakukan pemesanan CD diwebsite netbeans, complete dengan IDE Netbeans, profiler dsb serta Java Systemnya sekaligus. Free, dikirim via pos. Saya sendiri menerima CD tsb sekitar 1 bulan sejak saya melakukan pemesanan. Yah, it’s late, karena saya telah lebih dulu mendownloadnya😀

3. Get Java API (Application programming interface)
Singkatnya Java API ini adalah referensi Anda saat melakukan pemrograman java. Anda akan mengetahui penjelasan mengenai fungsi-fungsi java, methode dsb. Barangkali akan terasa sulit jika Anda mulai coding java namun tanpa Java API ini.
Anda dapat mendownload file Java API ini diwebsite sun. Extract file ke folder doc dimana JDK diinstal, sehingga netbeans akan otomatis mengidentifikasinya.

4. Get and Read Java Tutorial
Anda bisa mendapatkan tutorial java di :
a. Sun Website / http://java.sun.com/docs/books/tutorial
b. http://www.beginner-java-tutorial.com
c. Website Netbeans
Yang ketiga ini berisi beberapa tutorial (disertai gambar) yang dapat dicoba langsung untuk dijalankan lewat Netbeans.

5. Get Java and C# Comparison Artikel
Bagi programmer C# atau VB.NET, Anda akan mudah untuk beradaptasi dengan sintax Java dari komparasi 2 bahasa tsb sehingga Anda akan mendapatkan padanan sintaks kunci dari C# terhadapa Java. This is really helpfull. Saya sendiri seringkali mengacu ke artikel ini jika ingin melakukan sesuatu dijava. Sebagai contoh di C# untuk melakukan output console menggunakan Console.Write(“Test”); Padanan di java adalah System.out.print(“Test”);
At least, jika Anda bukan berasal dari C# atau VB.NET pun masih bisa memanfaatkan artikel ini sebagai referensi yang berisi rangkuman syntax-syntax yang sering dipergunakan dalam java.

Step selanjutnya dikembalikan pada Anda untuk mengexplorenya lebih jauh lagi. Sebagai contoh bagaimana koneksi ke MySQL untuk database programming, Membuat report menggunakan Jasper Report dsb.

Welcome to the club🙂

One Comment leave one →
  1. 29 December 2009 8:47 am

    keren….thx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: