Skip to content

Installasi XFCE – Linux Desktop Manager

3 May 2007

XFCE merupakan salah satu desktop manager linux alternatif dari beberapa dekstop linux yang paling banyak digunakan seperti KDE ataupun GNOME. Berbasiskan GTK+ untuk GUI nya, maka model-modelnya akan tampak seperti GNOME by default installasinya. Mungkin sesudah menggunakan theme hasilnya akan lain ? saya sendiri belum mencobanya.
Hasil dari installasi yang saya lakukan tadi malam, ternyata di PC saya speed dari menggunakan KDE 3.5 dengan XFCE 4 ini tidak jauh berbeda, sama saja. Tidak terasa perubahan significant terhadap response time desktopnya.
Saya sendiri kurang paham apakah karena saya menggunakan OpenSUSE 10.2 atau ada sesuatu dengan PC saya…I’ll try later dengan mandriva if we can see some speed improvement.
But anyway if you guys want to try it, follow what to do to install it. Very simple, and takes around 15 minutes in my pc.
Requirement :

1. GTK+ 2.64 atau lebih
2. XML Library (libxml 2.0)
3. Terminal Emulator Widget (VTE) + VTE Devel
4. Session Management Library (SM)

Installasi :
1. Download file binary installasi xfce4-4.3.90.2-installer.run
2. Login sebagai super user => $ su
3. Lakukan chmod +x xfce4-4.3.90.2-installer.run agar file bisa dieksekusi
4. Execute file : ./xfce4-4.3.90.2-installer.run
5. Silahkan tunggu sampai keluar dialog/jendela installation wizard yang akan memandu Anda dalam proses installasi…
6. Seperti biasa, next-next aja untuk default installasi
7. Jika sudah selesai, silahkan logout dan login ulang dengan memilih session type XFCE untuk mencoba, Atau jika Anda login dari konsole, ketik startx XFCE.

Sebagai tambahan, saya sendiri much prefer to use IceWM. Very light and Fast ! karena hanya sebatas windows manager, sementara untuk managernya saya pake KDE.

Selamat mencoba🙂

No comments yet

Leave a Reply

