Skip to content

What Next : Setelah PHP dan JS Framework

14 March 2010
tags:

Posting ini bukan membahas teknologi apa yang akan trend setelah bermunculannya framework PHP maupun Javascript. Namun ini hanyalah sharing ringan saja mengenai apa yang sedang saya pikirkan, belajar apa lagi ya untuk mendukung skill web saya dalam waktu dekat ini.

Memakai framework PHP sudah, javascript juga sudah. Saya tidak mau stagnant dengan skill saya sekarang. Kecuali itu, dengan hal yang baru bisa menambah tantangan dan juga ‘membunuh’ kebosanan karena bermain dengan itu-itu saja. So what next ? setelah dipikir ada beberapa kriteria apa yang harus saya pelajari.

1. Tidak boleh jadul, alias masih ngikutin trend.
2. Learning curve tidak terlalu tinggi, kecuali mungkin jika ada waktu luang lebih banyak.
3. Bisa dipakai cepat, artinya apa yang akan dipelajari bisa digunakan langsung dilapangan. Saya mengeliminir dulu mempelajari yang sifatnya masih investasi dan akan dipakai mungkin beberapa tahun ke depan.

Berdasarkan kriteria tersebut, ada beberapa pilihan dan keputusan saya adalah :

1. Mempelajari Adobe Air.
Saya sudah cukup nyaman dengan beberapa aplikasi Air yang saya gunakan, feelnya dapet, serasa menggunakan aplikasi desktop biasa. Karena itu saya tertarik untuk bisa membuat aplikasi web berjalan di Air. Sekilas browsing how-to nya tampak tidak terlalu sulit, mungkin perlu mempelajari beberapa materi yang memang tidak ada di engine javascript browser yang biasa kita gunakan. Seperti koneksi database standalone (local).
Saya rasa potensi air ini besar sekali.

2. Mempelajari Inkscape.
Bukan ingin menjadi artist, namun mendesain web butuh juga keahlian mengolah grafis dalam mendukung estetika web yang kita buat. Mencoba sedikit bergeserĀ  dari untaian baris code untuk menjadi lebih kreatif.

That’s all, semoga proses learningnya lancar. Bagaimana dengan Anda, share dong apa sih yang akan Anda pelajari ?

2 Comments leave one →
  1. 28 November 2011 2:12 am

    coba Node.js ato ga RoR truz db nya nyoba pake NoSQL (MongoDB)

  2. cevarief permalink*
    29 November 2011 12:03 pm

    Thanks atas masukannya, ini memang posting jadul 2010. Node.js sama MongoDB sudah aku coba, familiar sekali sintatically. Untuk RoR belum bisa nyempetin waktunya, tapi untuk framework selain php, saya mau lanjutin lagi web2py, salah satu framework python, meski RoR jauh lebih besar demandnya XD

Leave a comment