Skip to content

Smart EVDO : Sebuah Testimoni

31 January 2010
tags:

Saya menggunakan Smart EVDO sudah sekitar 3 bulan. Pertama kali diisi paket silver 1D (untuk 1 hari pemakaian). Testing di Jl. Dr. Roem Bandung (tempat beli modem) dapat speed download di kisaran 40 KBps, tanpa menggunakan download manager. Indikator sinyal full.

Berikutnya coba di cimahi, sinyal ternyata tidak stabil, kadang full kadang 60%. Bulan pertama pemakain puas. Hasil speed test Smart ini bisa ‘menghajar’ speed test paket family speedy teman saya daerah kopo. Hampir selalu speed test smart lebih unggul.

Koneksi tidak pernah putus, download manager full mentok di 60 KBps dengan paket silver 30D up (512 kbps), membuat saya semakin penasaran seberapa cepat download speednya jika menggunakan paket platinum. Saya coba dengan paket platinum 1 hari. Sedikit kecewa karena selisihnya tidak berbeda jauh dengan paket silver, download di kisaran 75 – 90-an KBps. Namun terobati pada pagi hari, speed bisa mencapai 120-150KBps bahkan sempat sampai 170KBps.

OpenSuSE iso 4GB pun bisa disedot. What a great internet connection, seumur-umur baru kali ini bisa download segede ini. 2 jempol buat Smart EVDO.

Namun saya tetep berkeyakinan, bahwa sekiranya pengguna smart sudah semakin banyak di daerah saya, maka koneksi pasti akan drop, sama ketika saya masih menggunakan koneksi internet gsm sebelumnya. Namanya juga shared connection. Semakin banyak yang pakai, semakin banyak bandwith ke share dan akan semakin lambat.

Apa yang terjadi berikutnya memang benar bahwa sekitar 1 bulan terakhir ini koneksi mulai sering putus. Dan jeda putusnya semakin hari semakin parah, idle sedikit aja putus. Begitupun dengan sinyal seringkali drop. Benar-benar menjengkelkan.

Semoga koneksi Smart EVDO bisa kembali lagi stabil ya, pihak smart bisa meningkatkan layanannya. Nyaman seperti ketika pertama kali pakai. Toh dengan harga paket silver yang relatif murah, unlimited quota dan speed yang melebihi paket hsdpa GSM, tidak ada alasan untuk tidak memilihnya. Benar-benar membuat saya kagum dengan langkah smart dalam memberikan koneksi yang cepat dan murah. To be honest, saya banyak terbantu dalam proses belajar saya, especially dengan mudahnya mengakses screencast/video, tutorial referensi lainnya dalam format mp3, dan sejenisnya. Begitupun dengan mudahnya mengunduh software aplikasi, dimana akan butuh kesabaran extra jika saya menggunakan koneksi internet GSM sebelumnya (baca sering lemot).

Yah, mungkin roda koneksi smart di daerah saya sedang berputar ke bawah, dari pada menunggu dan menghabiskan energi untuk komplain, saya sudah mendapatkan 1 tempat yang cocok dan nyaman menggunakan smart EVDO ini. Tampaknya daerah tsb masih sepi dari pengguna smart, download mentok baik pagi sampai sore pun bisa stabil di 60KB. Kemarin sore dengan paket platinum 1D, download manager menunjukkan angka 150KBps. Amazing !

Sangat kontras dengan di daerah saya di Cimahi. Retest sebelum artikel ini diposting.

Hasil speed test paket silver

Speed 0.18MBps = 22.5 KBps. Paket silver rasa paket free isi pulsa 153 kbps, alias paket reguler. Cakep banget untuk mengatakan “the connection speed sucks !”. It’s still oke buat browsing, untuk download saya masih bisa bersyukur ada tempat yang masih bisa diandalkan :D. Mungkin jika semua sudah tidak nyaman, siap-siap pindah ke lain provider. Namun sekali lagi, sampe sekarang nulis postingan ini juga putus lagi putus lagi. KESEL banget !!!

Edit : 1 Feb 2010, malam hari ternyata sudah tidak putus-putus, namun lemotnya tetep. Saya curiga apakah sistemnya rada malfunction, dalam hal ini tidak mengupdate current package kartu ke silver, namun pulsa sudah kepotong. Saya sudah email mengenai ini cuma untuk menanyakan, in case i’m wrong. Namun belum ada balasan.

2 Feb 2010, malam hari ganti dengan kartu smart baru, testing dengan platinum 1 hasilnya sama, speed hanya berkutat di kecepatan reguler. Pun pada pagi harinya peningkatan kecepatan hanya ada pada ping time, tidak pada download. Putus-putus sudah bener-benar tidak ada.
Coba Speed test upload lebih kenceng dari download. It’s funny as I’m not an uploader :P

Speed Test

Check di Bandung, ternyata sama saja. Saya kira ini lambat massal secimahi bandung.
So kesimpulannya any Smart package would be regular package in term of download speed. Bagaimana dengan di kota Anda ? share dong….

5 Feb 2010 : Setelah mendapat response dari pihak smart atas apa yang terjadi diatas baik via email maupun terakhir via telpon kemarin sore, alhamdulillah per subuh tadi  my silver speed is back even dengan sinyal 60%. Hope this would be long lasting with this rate :P. Gre8 !

Hasil Speed Test

11 Feb 2010 : Sering putus atau disconnect mulai menggejala lagi especially pada malam hari. Jika di-ping ternyata sering kali RTO (Request Time Out), selama ini di windows workaroundnya adalah dengan melakukan ping terus menerus selama browsing, untuk mencegah idle. ping http://www.google.com -t -l 5. Selain itu koneksi langsung via ce dialer ternyata lebih cepat disconnecet dibanding koneksi manual via dial up network connection windows.
Sebagai tambahan, lemotnya mulai kumat lagi, dari siang sampai malam sudah tidak bisa diandalkan untuk download file besar.

21 Feb 2010 : Cara ping pun sudah bobol, super RTO. Putus-putunya sangat parah. Kalau agak lemot tapi gak putus-putus masih mending sih, tapi kondisi sekarang, sudah sering putus lemot lagi :P. Heran iklan pak polisi-nya kok masih sering liat di TV ya. Udah crowded gini penggunanya…

05 Mar 2010 : 2 Hari kemarin coba isi platinum 1 hari, karena yang bulanan sudah abis, i was so surprised with its connection speed. Tembus 260-an KBps. The best selama pakai smart. Dont know why.

Tampilan download speed

06 Mar 2010 : Stabil kencengnya dari pagi sampai siang ini. Tanpa disco. Run under OpenSuse . Awesome.

Speed Test Platinum

16 Mar 2010 : Di tempat saya di cimahi biasanya susah dapet full speed untuk paket silver saya, apa karena lagi libur ya jadi sedikit yang konek inet. I’m really happy this morning. Thx smart, saya bisa download video tutorial Flex easily :D.

Smart Download Speed

17 Mar 2010 : Mulai sore sampai malam ternyata speed menurun drastis, meskipun menggunakan platinum. Tapi sesudah subuh pagi ini dicoba speed testnya sadis.

Speed Test Platinum - Pagi Hari

19 Mei 2010 : Pagi hari kemarin smart tidak bisa connect sama sekali. Sorenya badai RTO mulai menghampiri. Pagi ini lebih aneh, status connect namun ketika di ping ternyata sama sekali RTO. Setelah coba beberapa kali akhirnya tembus juga. Tipsnya adalah melakukan continuos ping agar tidak disconnect.

08 Agustus 2010 : Satu bulan dibiarkan tanpa komplain soal RTO yang mendadak menggila dan konstant. Sempat hanya beberapa hari relatif terasa normal. Tapi 2-3 hari ini yang paling parah RTO nya. Akut sekali. Malam atau pun pagi sama saja RTO.

Entah lah alasan apa yang menyebabkan terjadi demikian, apakah overload atau memang gangguan, tapi 1 bulan gangguan dengan RTO tampaknya bukan alasan yang make sense. Come on, layanan internet adalah layanan jasa, mustinya harus sigap dong dalam melayani.

3 gambar berikut mewakili buruknya koneksi smart evdo sekarang.

Gambar ketiga saya capture tadi malam. Dulu dipuji sekarang dicaci :P Poor smart evdo.

08 Agustus 2010 : Masih RTO juga. Apalah daya. Bagi yang mau beli modem smart, highly unrecommended untuk sekarang.

Karena tanggal 8 ini sudah tutup masa aktif pakai 1 bulan, so mungkin pending dulu untuk lanjut pakai. Saatnya coba ke provider lain, sampai smart evdo pulih baru balik lagi, dari pada energi habis dipake menggerutu gak karuan akibat RTO. Memangnya ada kompensasi dari smart evdo? Mimpi kali yeee….

Well, cuma sebuah testimoni. Apa adanya. Bagaimana di tempat Anda ?

Cat: Jadi pengen pake Mobi… Hallo Bandung, ada testimoninya ?

Masalah utama provider adalah tidak transparan apa yang terjadi, hak customer sebenerna mengetahui alasan logis kenapa bisa sampai layanan ke mereka mengecewakan… nah yang komplen itu gak punya jawaban yang fix, macam2.. seolah ingin berlepas diri aja…
43 Comments leave one →
  1. Ami permalink
    14 February 2010 1:46 pm

    klo mobi tergantung daerahny. klo di daerah cibiru bagus. daerah tengah bandung malah kurang bagus

  2. nightmarecinema permalink
    17 February 2010 2:04 pm

    izin bookmark kang…saya mau nyoba smart EVDO tapi masih bingung…ditunggu updatenya lagi kang…

  3. cevarief permalink*
    20 February 2010 6:52 am

    Sebaiknya sih mending tahan dulu kang, dari pada nanti kecewa. Sepupu saya pake yang gratisan 3.1 mbps 100 hari di jakarta juga sama ‘speed’ nya meradang sktr seminggu kemarin. Sudah terlalu crowded.

  4. 24 February 2010 8:48 am

    keadaan evdo di malang baik2 aja gan, sampai sekarang…
    donlod an saya rata2 1GB>> per hari.
    mungkin daerah agan sudah crowded.

    coba cari menara evdo yang sepi pelanggan, di daerah agan..

  5. cevarief permalink*
    11 March 2010 4:24 pm

    @razor, yup betul. Di tempat saya cimahi memang lambat, tapi di tempat kerja saya kenceng banget :D, spt speed test diatas.

  6. 26 April 2010 8:13 am

    @ razor,..
    gan,ente gunain evdo d daerah mana?ane mo cri referensi pemake evdo d malang.

  7. razor permalink
    27 April 2010 7:15 pm

    ane di daerah suhat…
    menara evdo yg deket2 UB ada di ITN, sama suhat, di galeri smartnya itu…
    di sini masih belum crowded..
    bahkan ane maen game Online HON yg internasional, masih lancar2 saja, seperti maen di LAN

  8. 22 May 2010 8:57 am

    pake opensuse enak juga ya ?
    mau dong biar smartnya cepet :(

  9. cevarief permalink*
    27 May 2010 5:54 am

    @ysatrio : Hehehe, tergantung tempat juga kali mas. Kalau udah crowded dan sinyal kurang bagus sih kita gak bisa expect speed bakal kenceng :D even menggunakan openSuSe. Cuma ya memang sih, yang saya rasa menggunakan SuSe relatif lebih stabil.

  10. Dart permalink
    31 May 2010 5:12 pm

    gue pengen coba nih evdo..
    kl d bandung daerah dipatiukur kira2 gmn yah..
    mohon pencerahannya para tetua.

  11. cevarief permalink*
    2 June 2010 6:25 am

    Ada yang tau gmn tuh kondisi smart di daerah DU ?
    @Dart : kalo ada temen yang udah pake smart, mending pinjem & cobain dulu aja bwt testing, make sure gak sia2 nanti dari pada beli duluan :D

  12. ysatrio permalink
    15 June 2010 2:02 pm

    mas , ternyata saya salah ngegunain modemnya :)
    kemarin udah dibetulin modemnya .
    sim cardnya rusak .
    tapi setelah itu yah lumayan kalo cuaca bagus . 1 mb dapet
    tapi kalo abis ujan , ga nahan speednya .
    streaming mood moodtan .
    mentok 100 kbps per sec bahkan 50 kbps per sec
    browsing mah tetep .
    mas tau ga settingan biar smart ini bisa melaju dengan kecepatan sebenarnya ?
    saya udah otak atik tapi ga ada hasil :(

  13. cevarief permalink*
    17 June 2010 3:33 pm

    Mas ysatrio, hehehe saya juga kurang hapal untuk mempercepat lagi sih. Karena buat saya sih udah cukup, karena jarang download yang gede2 lagi.

    Mungkin komputernya bawa ke dekat BTS Smart nya xixixix. Bercanda mas.. don’t take it seriously.

  14. 8 August 2010 10:48 am

    waw eta RTO.. :D tos kang.. beralih heula weeh… :D jangan ragu2.. heu3

  15. korou permalink
    21 August 2010 11:40 am

    SAAT INI SMART EVDO SANGAT TIDAK DI REKOMENDASI !!!
    Di daerah saya seputar Gatsu Cimahi, udah hampir satu tahun koneksinya amit2 banget, pake paket platinum tapi cuma full speed subuh doang, kalau jam sibuk selalu RTO, padahal pernah di survey tim Smart sinyal EVDO dapetnya -60 dBm atau sangat kuat, katanya karena banyak yg download pake P2P/torrent dsb.

    Dan selain itu staff engineering nya idiot, dan sangat tidak kompeten. What the Heck ……

  16. Hendry permalink
    22 August 2010 4:14 am

    Mas, tolong donk bantuin gimana check pulsa dan isi pulsa untuk modem smart EVDO AC2726.
    Bingung ni, *999 call malah “call disconect” dan operatornya pun dicall begitu juga..
    Help me..

  17. cevarief permalink*
    24 August 2010 9:13 am

    Kalau check pulsa kirim sms aja isinya ‘check’ (tanpa petik) ke 9999 lalu tunggu beberapa saat sampe ada balasan. Saya kurang tahu kalau modem AC27726 diconnection managernya bisa kirim SMS gak ya, pastikan kalau bisa modenya adalah mode hibryd bukan evdo.
    Untuk isi ulang saya biasanya pake elektrik ke tukang pulsa. Jadi langsung masuk :D

  18. cevarief permalink*
    24 August 2010 9:16 am

    Kang korou, apa gak bilang aja waktu itu sekalian kalau memang jaringan torrent atau peer penyebab cekaknya bandwith dan RTO, smart harusnya melakukan langkah prevensi terhadap jenis koneksi tsb, biar limitnya diatur dari pada bablas semua pengguna akhirnya RTO.
    Saya posisi di citeureup pun sama, subuh pun tidak menjamin tidak RTO *sigh*

  19. User yang kecewa permalink
    25 August 2010 10:56 am

    Bener banget nih testimoni, kira2 begitulah yang terjadi juga di jakarta utara, complain dan complain, tapi RTO jalan terus, belum lagi acara putus sambungnya, ampun deh, smart bener2 gak recommended now

  20. 4 September 2010 11:27 am

    gan.. cimahi nya di daerah mana negh.. gw di deket ramayana.. ada solusi laen ga untuk internet tan di daerah cimahi negh.. gw sekarang pake indosat3g sinyal ok.. speed mayan.. sampe 50kbps kalo download pake idm.. pake flash kalo masih full quota bisa sampe 100kpbs.. pake im2 parah.. ga ada sinyal..

    mohon masukkannya gan..

  21. cevarief permalink*
    6 September 2010 5:55 am

    Posisi deket kompleks nusa sari. Dulu sempet coba ditempatku im2, indosat 3g, flash. Pada akhirnya gak ada yang bagus. Kurang paham juga kalo sekarang gimana kondisinya, belum coba lagi.

    Yang terakhir smart ini, tapi sekarang juga sudah memble. Kayaknya semua provider cuma bagus diawal aja *sigh*.

    Btw, Belakang ramayana itu BTS apa ya?

  22. 6 September 2010 12:17 pm

    nah itu dia ga jelas.. katanya seh itu BTS nya telkomsel.. tp ternyata gw pake flash ttp aja memble speednya.. gw baca di profile u seneng web programming jg ya.. kpn2 bisa diskusi negh or sharing project gan..

  23. cevarief permalink*
    7 September 2010 5:44 am

    Wah boleh gan, liat profilenya disitus agan udah banyak banget. Keren2 :D

  24. korou permalink
    18 September 2010 10:57 pm

    Iseng iseng komplain lagi ke kantor smart di BEC, lumayan dapet pelayanan ramah, tapi nggak punya solusi dan ujung ujungnya di suruh ganti ke smart fren yg 660 rebu + gratis internet 1 bulan, waduh duit lagi deeh.
    Ada yg pernah nyoba smart fren daerah cimahi ??? tolong bagi bagi dong. oh yaa sementara ini pake telkomsel flash yg 125 rebu unlimited, lumayan bisa dapet speed 300 kbps.

  25. cevarief permalink*
    23 September 2010 9:33 am

    Bodor juga ya, dari orang kantor smartnya sendiri kasih solusi spt orang yang sudah putus asa dengan layanannya.

    Thx anyway atas infonya, jadi saya gak usah komplain ke kantor smartnya kalo gitu.

    Untuk cimahi, cobain kartu aha dari company esia kalau modemnya support. Modem haier CE100 saya ternyata gak support AHA, tapi pas dicoba sinyalnya lebih bagus dari smart. Cuma gak bisa connect aja.

  26. korou permalink
    23 September 2010 8:15 pm

    Kebetulan tadi siang jalan2 di BEC, harga modem CDMA EVDO udah banyak yang turun, sbb:
    1. Haier CE210 EVDO dual band unlock (bisa flexy dsb) + SP AHA 1 bulan = 560 rb
    2. ZTE 2726i smart fren EVDO dual band locked + SP 1 bulan gratis = 560 rb
    3.Venus VT18 dual band EVDO unlock = Rp 435 rb

  27. MTM permalink
    12 October 2010 11:20 pm

    daerah saya di Malang sebener-nya baek2 aja pake silver speed rata2 80kbps dengan download manager
    tapi heran-nya tiap akhir bulan dan setiap setelah isi pulsa Download speed langsung anjlok jadi sampe angka 15-20 kbps speed, kasus seperti ini muncul sejak ada bonus internetan gratis setiap isi pulsa 50000 takut-nya paket silver saya ketumpuk sama bonus-nya…..
    ato emang Semar-nya aja yang udah payah ga tau deh…..

  28. MTM permalink
    12 October 2010 11:23 pm

    itu solusi yang disuruh ganti pake semar-fren dijamin lancar gak tuh?
    klo bisa dituker y mau…. klo beli lagi ogah….. iya klo speed-nya gak naik turun kayak sekarang……

  29. cevarief permalink*
    14 October 2010 7:58 am

    @MTM Masih percaya?

  30. cevarief permalink*
    14 October 2010 8:06 am

    @MTM Iya kemarin saya juga ngalamin kasus spt itu, pas isi ulang, speednya tetep di kecepatan reguler (bonus), biasanya kalau koneksi diset ke hybrid atau cdma 1x lalu switch lagi ke evdo jadi normal. Walhasil akhrinya complain saja ke CS nya, baru deh jalan normal lagi.

    Btw udah tau kalo smart sekarang diquota bandwith juga? yang silver 100MB per hari, lepas itu speed jadi reguler. Tapi besoknya akan direset lagi jam 2.59 pagi.

    Jadi speed kencengnya kalau full dipake 1 bukan sekitar 3GB.

  31. ikuto permalink
    24 November 2010 2:19 pm

    wah kasus diatas ama kyk saya.. tapi baru terasa sebulan lalu..
    akhir oktober smpe skrng jaringan evdo RTO trus..

    oh iya posisi sy di jogjakarta..
    ni hasil test waktu bln agustus masih bagus..
    http://speedtest.net/result/908907638.png

    dari pengalam diatas kliatannya memang semakin padat pengguna kecepatannya jg menurun drastis.. kbetulan daerah jogja telat 2 bulan bru kna kejadian RTO nya..

    klo bleh tau skrng agan2 dah pake koneksi apa skrng.. biar bs ngikut jg.. sbelum padat di daerah jogja..

  32. 3 December 2010 1:50 am

    Saya pake Smart EVDO sejak Juni 2010. Saya tinggal di Surabaya timur. Paling stabil speednya diantara ISP yang lain. Cuma.. beberapa hari ini saya nggak bisa akses FTP server. Saya dapet info dari teman, katanya masalah seperti ini bisa jadi disebabkan karena ISP belum update ‘cache’ nya. Betulkah seperti itu? apa ada teman-teman disini yang punya masalah serupa? Kali aja ada yang bisa bantu :)
    Thanks!

  33. cevarief permalink*
    6 December 2010 8:31 am

    Aku mau migrasi ke AHA tadinya, report dari temen yang sudah pake lumayan kenceng di bandung karena masih sedikit penggunanya. Sayang modem haier CE100 nya sucks! gak support kartu AHA dan gak ada opsi buat update firmwarenya pula, dual band yang aneh.

  34. 27 December 2010 11:50 am

    ,’om q mau nanya klo pke krtu flexi/esia murah and cepat gx’???

  35. cobud permalink
    29 December 2010 10:42 am

    Sama lah kasusnya sama aye. G beli modem smart buat pakai di jakarta. Awal2 dapat free yang 3,1Mbps, tapi ga pernah download nyampe 3,1Mbps, paling cepat 1Mbps. Terus berlangganan yang 512Kbps, dapatnya cuma 100Kbps. Belakangan sering putus sendiri, sinyalnya gonta ganti ke 1x cdma biasa. Complain ke CS bilang ada penambahan dan perbaikan, nampaknya diperbaiki selama 6 bulan tidak selesai2 (apa tau yang diperbaikin sih 6 bulan ga selesai ?), juga dapat nomor laporan katanya akan dihubungi balik, sampai sekarang ga pernah dihubungin, udah pernah complain 4-5 kali ampe males nelponnya. Penipuan pelanggan ini mah!

  36. bejo lampung permalink
    26 July 2011 1:55 pm

    betul gan2 ko smua pd bohong gt ya??? ktnya dwload bs 512kbps tp trnyata max cm 20-60kbps, gmn sech? aku br pke smart evdo seminggu, g tau minggu dpan mgkn/tdk akan ada crash kyk gt… kita bs tuntut ga sich kl kyk gt? mrugikan konsumen trus ada denda…. kyk di amrik sana kl konsumen bs minta ganti rugi???? mksd sy cm pngen apa yg mereka tawarkan sesuai dgn faktanya>>>> ga cm tori aj????

  37. romy permalink
    20 October 2011 12:01 pm

    aku udah bosen googling untuk masalah jaringan putus-putus….terakhir cuma aku gantung modem vt-80n dan diberi piringan CD…dan port USB aku pindah ke belakang kompi…lumayan dikit gak terlalu sering putus…:(

  38. araditya permalink
    20 August 2012 6:28 pm

    gan, jadi sekarang pake apa internetnya nih??

  39. cevarief permalink*
    3 November 2012 11:01 am

    Pakai AHA. Asik, jarang bermasalah di kota saya :)

  40. 14 December 2012 6:01 am

    saya saat ini pake modem smart paket unlimited premium … pada tanggal awal bulan sekitar 1 sampai 5 kecepatan download sangat cepat … selebihnya RTO terus sampai saat ini …

  41. arwana tukul permalink
    6 March 2013 9:38 am

    setuju gan saya juga tinggal di daerah cimahi selatan sudah 2 bulan ini jaringan EVDO sangat mengecewakan apalagi bagi “aktifis” game online, baru masuk server dah langsung DC padahal sebelum sebelumnya lancar. :”(

  42. 15 December 2013 12:03 pm

    Gan, kalo daerah cimahi pake layanan AHA Evdo aja, signalnya bagus kalo siang bisa 200-300kbps kalo malem bisa 1mbps. saya udah pake 2th kok, di cimahi mana aja bagus. mau pake modem yg 99rb juga OK. Jempol buat AHA di cimahi

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

